Minggu, 12 Mei 2013

Genetika :: Ragam Keanekaragaman pada Hewan dan Tumbuhan



Kelompok 1

Praktikum Pola Sulur Jari

Sulur - sulur

Anggota :: Yanuar Ary - Bayu Aji - Iffa Faiza

Determinasi Seks

Sumpah kangen masa-masa ini huhuhuhu



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Variasi genetik dalam populasi yang merupakan gambar dari adanya perbedaan respon individu-individu terhadap lingkungan adalah bahan dasar dari perubahan adaptif. Suatu populasi terdiri dari suatu sejumlah individu. Dengan suatu kekecualian, maka, tidak ada dua individu  yang serupa, pada populasi manusia dapat kita lihat dengan muda adanya perbedaan- perbedaan individu : misalnya dipunyainya ciri-ciri anatomi, fisiologi dan kelakuan  yang khusus. Hal ini dapat kita lihat pada kucing dan anjing dan kuda, variasi individu pada cacing, burung jalak, bajing atau bayam sukar sekali kita dapatkan meskipun hal itu ada. Meskipun variasi individu  ini terdapat dan hali ini mungkin tidak dapat kita lihat oleh mata kita, hal ini terjadi pada binatang bersel satu sampai dengan ikan paus. Dengan demikian, populasi terdiri dari sejumlah individu yang memiliki sifat penting tetapi berbeda satu sama lain didalam berbagai hal.
Variasi berasal dari mutasi bahan genetika, migrasi antar populasi (aliran gen), dan perubahan susunan gen melalui reproduksi seksual. Variasi juga datang dari tukar ganti gen antara spesies yang berbeda: contohnya melalui transfer gen horizontal pada bakteria dan hibridisasi pada tanaman.Walaupun terdapat variasi yang terjadi secara terus menerus melalui proses-proses ini, kebanyakan genom spesies adalah identik pada seluruh individu spesies tersebut. Namun, bahkan perubahan kecil pada genotipe dapat mengakibatkan perubahan yang dramatis pada fenotipenya. Misalnya simpanse dan manusia hanya berbeda pada 5% genomnya.
Variasi sifat pada tumbuhan atau hewan yang ada di sekitar kita dapat dilihat dengan membandingkan antar individu menurut tingkat divisio, kelas, ordo, family, genus maupun spesies. Tumbuhan ataupun hewan merupakan makhluk hidup yang hubungannya sangat erat dengan kehidupan kita sebagai manusia. Seiring dengan perkembangan jaman, manusia memanfaatkan keduanya dalam berbagai hal, entah dikonsumsi, pemenuhan kebutuhan sehari-hari, obat-obatan ataupun sekedar untuk hobi dan dirawat serta dipelihara.
Saat ini hewan maupun tumbuhan banyak yang ditumbuh kembangbiakkan dengan berbagai tujuan diantaranya dapat memberi sumbangan untuk kebahagiaan manusia. Hewan sejenis kucing ras persia merupakan kucing yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Kucing ini merupakan kucing ras berbulu panjang dan paling mudah diperhatikan warna bulu serta macam pola pada bulu yang memiliki nilai tersendiri dari segi kualitas dan kemurnian genetik. Sedangkan pada tumbuhan dari divisio yang sama yaitu Magnoliopsida, bercabang menjadi beberapa kelas ordo famili genus dan spesies, diantaranya terdapat Bunga Mawar (Rosa sp), Soka (Ixora paludosa), Bougenvill (Bougenvilia spectabilis), Aster (Aster novae-angeliae), dan Dahlia (Dahlia pinata). Masing-masing spesies tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda dengan ciri khas pada tiap individu. Karakter dan variasi sifat pada individu ini merupakan sebuah peristiwa genetik yang patut dipelajari, karena dengan mempelajari hal tersebut pola pewarisan sifat pada tiap individu dapat didata dengan lengkap dan jelas. Proses ini sangat berguna sekali untuk meningkatkan, mempertahankan serta memantapkan usaha pemuliaan.

B.  Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pewarisan genetik pada individu per-tingkat satuan tertentu ?
2.      Bagaimana dan apa saja variasi sifat yang berbeda-beda pada setiap individu ?

C.  Tujuan
1.      Mempelajari dan mengetahui pewarisan genetik pada individu per-tingkat satuan tertentu melalui variasi sifat yang berbeda-beda pada setiap individu.
2.      Mempelajari dan mengetahui macam-macam variasi sifat pada tiap individu yang berbeda-beda.


D.  Manfaat
1.      Memberikan gambaran tentang variasi sifat pada tiap individu per-tingkat satuan tertentu.
2.      Memberikan informasi mengenai pola pewarisan sifat dari parental ke keturunannya.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Variasi Sifat pada Hewan
Kucing ras yang dikenal sekarang ini umumnya merupakan keturunan Felis silvestris (Kucing liar Eropa) dan bangsa Mesir kuno memelihara kucing sebagai hewan kesayangan. Kucing yang telah mengalami domestikasi dikenal dengan nama ilmiah Felis catus atau Felis domesticus (Ilmason, 1984). Nomenklatur kucing (Bannon. 1992) :
Kingdom         : Animal
Phylum            : Chordata
Class                : Mammalia
Ordo                : Carnivora
Family             : Felidae
Genus              : Felis
Spesies             : Felis domestica
Kucing ras yang dipelihara memiliki panjang tubuh sekitar 76 cm dan kucing betina normal memiliki berat antara 2-3 kg, sedangkan kucing jantan antara 3,5-6,0 kg. Lama hidup kucing berkisar antara 13-17 tahun (bahkan dapat mencapai 21 tahun), sedangkan lama bunting 65 hari (60-69 hari) dan umur dewasa kelamin kira-kira setengah tahun dan siap dikawinkan pada setengah tahun dan siap dikawinkan pada umur 6-15 bulan. Siklus birahi kucing adalah poliestrus dengan siklus estrus (birahi) sekitar 14-24 hari. Jumlah anak yang dilahirkan rata-rata adalah empat, tetapi dapat mencapai 10 (Smith dan Soesanto, 1988).
Sifat genetik pada kucing sangat penting dalam menentukan mutu bibit kucing sesuai kriteria yang diharapkan. Kucing jantan dan betina memiliki 38 kromosom (19 pasang) yang terdiri dari 18 pasang kromosom tbuh (autosom) dan sepasang kromosom seks yaitu XX untuk betina dan XY untuk jantan atau kromosom Y sebagai penentu seks jantan (Noor, 1996). Kombinasi gen-gen yang diwariskan dari tetua ke anaknya akan mempengaruhi morfologi, bentuk telinga, warna bulu, panjang ekor dan lainnya (Sacase, 1986).
Kombinasi gen-gen yang diwariskan dari tetua ke anaknya akan mempengaruhi morfologi, bentuk telinga, warna bulu, panjang ekor dan lainnya (Sacase, 1986). Variasi warna bulu, kulit dan mata timbul akibat mutasi gen yang terjadi setelah kucing didomestikasi (Ensiklopedi Indonesia, 1998) karena adanya pengaruh lingkungan yang sangat ekstrim seperti radiasi, suhu, nutrisi, kelembaban dan air.
·         Corak Warna pada Bulu Kucing
Kucing memiliki warna bulu yang sangat beragam sekali dan kombinasi gen-gen akan menghasilkan berbagai macam warna yang kadang-kadang memiliki nilai ekonomis tinggi.





BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
·      Tiap individu memiliki karakter dan ciri khas masing-masing
·      Induk dengan warna dan pola sama akan menghasilkan anak dengan pola dan warna yang sama pula. Perbedaan warna pada anak dengan parental tidak murni disebabkan oleh derajat dominasi warna yang berbeda antar alel pada satu lokus atau interaksi antara gen yang tidak satu lokus.
·      Tiap individu memiliki kesamaan dan perbedaan dengan individu lain.
·      Secara fisik, setiap individu memiliki kesamaan namun secara genetik terdapat perbedaan karena berada pada spesies atau genus yang berbeda.

B.  Saran
·      Informasi mengenai pewarisan genetis dan variasi lebih diperluas dan dipublikasikan secara besar-besaran agar dapat diketahui khalayak ramai.
·      Penyebaran informasi tentang variasi dapat berfungsi pula ketika proses pengawinan dan persilangan sehingga didapat individu yang bagus kualitasnya.
·      Pewarisan sifat sungguh menarik namun terkadang membinggungkan sehingga lebih dipermudah lagi bahan ajar nya sehingga lebih mudah memahaminya dan tidak muter-muter.
·      Terimakasih dan salam hangat dari kami J



DAFTAR PUSTAKA

Bradshaw, J. 1993. The true of Variety Plant and Animal. SX Composing Ltd., Rayleigh, Essex. Portugal.
Ensiklopedi Indonesia. 1998. Seri Fauna (Mamalia 2). PT Dai Nippon Printing Indonesia. Jakarta
Ensiklopedi Indonesia. 1990. Kucing. PT Cipta Adi Pustaka. Jakarta, Jilid 9.
Hardjosubroto, W. 1998. Pengantar Genetika Hewan dan Tumbuhan. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.
Noor, R.R. 1998. Pewarisan Sifat pada Tumbuhan. Bogor : FMIPA IPB.
Suryo. 2008. Genetika Strata I. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.


Klik di sini untuk mendownload softfile word nya

tararengkyu :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar